Cara Menjaga Kebersihan Jamban dan Kamar Mandi

Jamban dan kamar mandi adalah tempat paling kotor yang ada di rumah. Bukan tanpa alasan, sebab kotoran-kotoran kita terbuang di sana sehingga mengundang bakteri datang.

Maka dari itu kamar mandi dan lebih khusus lagi bagian kloset atau jamban benar-benar harus dijaga kebersihannya. Kalau bakteri sudah terlalu menumpuk dan jarang dibersihkan, maka semakin sulit lagi membersihkannya.

Untuk pembersihan kamar mandi sebaiknya dilakukan setiap hari terutama pada bagian lantainya. Sedangkan untuk pembersihan jamban bisa dilakukan tiga kali seminggu atau paling tidak seminggu sekali.

 

Cara Menjaga Kebersihan Jamban dan kamar Mandi

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat jamban dan toilet agar selalu bersih maksimal ;

 

Memastikan Lantai dalam Keadaan Kering

Kamar mandi meskipun sering kita gunakan untuk mandi dan buang air, namun alangkah lebih baik jika lantai dalam keadaan kering alias tidak lembab. Hal ini disebabkan karena bakteri sangat suka berada di tempat yang lembab.

Anda bisa menggunakan lap atau pel kering untuk mengeringkan lantai yang basah. Kondisi lantai kering dapat meminimalisir pertumbuhan bakteri dan kuman di kamar mandi.

 

Rajin Mengosongkan Tempat Sampah

Biasanya di dalam kamar mandi tersedia tempat sampah untuk membuang bekas sabun, odol, deterjen, dan lain-lain. Jangan biarkan tempat sampah tersebut sampai menumpuk karena mengundang bakteri dan kuman datang.

Apabila tempat sampah tersebut sudah penuh, segera buang ke tempat sampah lain yang ada di luar rumah. Atau Anda bisa mengosongkan tempat sampah setiap pagi atau sore hari meskipun itu belum terlalu penuh.

 

Tutup Kloset Saat Menyiram

Bagi Anda yang memiliki kloset duduk, saat menyiram kotoran sebaiknya dalam keadaan ditutup. Sebab, kloset yang terbuka ada kemungkinan ccipratan airnya akan menyebar dan mengontaminasi dinding kamar mandi dan benda-benda di sekitarnya.

Lalu bagaimana dengan kloset jongkok? Untuk hal ini, Anda bisa meminilisirnya dengan tidak terlampau kuat menyiram kloset tersebut. Supaya cipratannya tidak terlalu menyebar ke sekelilingnya.

 

Membersihkan Sudut-Sudut Kamar Mandi

Selain dinding dan lantai, bagian Sudut-Sudut kamar mandi juga perlu Anda bersihkan. Bagian tersebut sangat menumpuk bakteri dan kuman sehingga membutuhkan perhatian ekstra.

Jadi saat membersihkan kamar mandi, bagian Sudut-Sudutnya jangan lupa untuk dibersihkan.

 

Selain hal-hal di atas ada satu hal lagi yang perlu dilakukan adalah sedot WC. Sedot WC harus dilakukan secara rutin untuk mencegah masalah WC mampet.

Jangan bingung dan khawatir jika Anda tidak mempunyai alat atau waktu untuk melakukannya sendiri. Karena ada ada jasa sedot WC Eco Mandiri yang siap membantu Anda menyedot kotoran di jamban sampai benar-benar bersih.

Jangan ragu untuk menghubungi kami bila Anda mengalami masalah pada WC, kamar mandi, ataupun saluran air.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami