Cara Membersihkan Septic Tank di Rumah Sendiri

Mengetahui cara membersihkan septic tank rumah sendiri sangat penting. Sebab, septic tank yang penuh bisa mendatangkan banyak masalah kesehatan maupun masalah di kamar mandi Anda. Selain itu kita juga tidak bisa mengandalkan petugas profesional di saat tertentu.

Walaupun hasilnya tidak 100% seperti hasil jasa sedot WC profesional, kita masih bisa menguras septic tank dan membuatnya bisa dipakai lagi sampai sempat memanggil orang yang ahli.

Nah, dalam artikel ini kami akan jelaskan bagaimana cara membersihkan septic tank sendiri di rumah.

 

Cara Membersihkan Septic Tank di Rumah Sendiri

Membersihkan septic tank

Ada 3 cara yang biasanya digunakan untuk membersihkan septic tank, di antaranya:

 

Menggunakan Sabun Cuci Piring

Pertama, kita bisa menggunakan kombinasi sabun cuci piring dan air panas. Fungsi dari sabun cuci piring adalah untuk menghancurkan lemak dan sampah organik yang ada di dalam septic tank. Sabun ini juga membantu mempercepat penghancuran kotoran di dalam septic tank.

Anda mungkin akan butuh banyak sabun cuci piring untuk mempraktekan cara ini. Jadi silahkan beli satu botol sabun cuci piring baru untuk dituangkan ke dalam kloset.

Kemudian tuangkan air hangat agar sabun bisa mengalir langsung ke dalam septic tank.

Air hangat di sini akan melunakan sampah organik agar di dalam saluran air agar tidak menghadang aliran sabun cuci piring ke septic tank.

Satu hal lagi, ada efek samping dari metode pembersihan septic tank ini, yaitu bakteri pengurai asli di dalam septic tank akan mati. Jadi kita perlu lanjutkan ke metode berikutnya untuk mengatasi efek samping ini.

 

Menambah Bakteri Pengurai di Dalam Septic Tank

Untuk mengganti bakteri yang mati karena sabun pencuci piring, maka kita perlu menambah lagi bakteri pengurai di dalam septic tank.

Saat ini sudah banyak toko yang menjual bakteri untuk septic tank. Anda bisa mencarinya di toko peralatan rumah, toko perabotan, atau toko online.

Cara memberi obat ini sebenarnya mudah. Tapi akan lebih efektif kalau diberikan langsung lewat pintu septic tank. Jadi coba kalian cari dimana posisi septic tank agar bisa memasukan bakteri ini.

Kalau model septic tank di rumah Anda tidak ada bak kontrol atau bukaannya, maka bakteri bisa dituang lewat kloset sedikit demi sedikit.

 

Memberi Obat Pelancar Saluran Air

Metode yang terakhir ini sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan septic tank. Tapi Anda bisa coba juga kalau WC pernah mampet karena septic tank terlalu penuh.

Caranya adalah dengan menggunakan obat pelancar saluran air. Obat ini bisa dibeli di toko online atau toko peralatan rumah tangga seperti bakteri pengurai tadi.

Untuk obat pelancar saluran ait, Anda bisa tuangkan langsung ke kloset. Biasanya kloset tidak boleh dipakai selama beberapa jam setelah menuangkan obat ini. Jadi saran kami adalah tuang obat di malam hari agar bisa dibilas esok paginya.

Dan sama seperti cara membersihkan septic tank pakai sabun cuci piring, obat pelancar saluran air ini juga akan membunuh bakteri pengurai di dalam septic tank.

Jadi pastikan kalian menambah lagi jumlah bakterinya seperti cara yang sudah dijelaskan tadi.

Sampai Anda sempat memanggil jasa sedot WC, Anda bisa mengikuti cara membersihkan septic tank sendiri. Atau Anda juga bisa membersihkan septic tank sendiri secara rutin agar tidak perlu memanggil petugas profesional sama sekali.

Tidak punya waktu untuk membersihkan septic tank sendiri? Tidak perlu bingung, karena ada Eco Mandiri yang siap membantu Anda.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami