3+ Cara Membersihkan Saluran Air Kotor Sampai Bersih

Bagi kebanyakan orang, cara membersihkan saluran air kotor mungkin dianggap sulit. Apalagi bila untuk kita yang membeli rumah jadi tanpa tahu darimana dan kemana jalur saluran air pada bangunanan tersebut.

Memang di tahun-tahun pertama tinggal di rumah baru, masalah seperti ini tidak terlalu penting.

Tapi setelah 5 tahun dihuni, mulai muncul problematika seperti saluran air mampet, wastafel bocor, dan air di kamar mandi sering menggenang.

 

Kenapa Saluran Air Kotor Sering Mampet?

Ada beberapa alasan kenapa saluran air kotor di rumah sering mampet, di antaranya:

 

Ada Sumbatan Karena Minyak yang Membeku di Wastafel

Bila kita sering memasak menggunakan minyak dari lemak hewani, sisa-sisa dari minyak tersebut akan ikut mengalir ke pipa pembuangan wastafel bersama air ketika dibersihkan.

Beberapa sisa minyak yang tidak terbawa oleh air akan mengendap di dalam pipa dan membeku.

Ukuran dari minyak ini akan terus bertambah besar sampai bisa menutupi seluruh pipa air kotor.

 

Tumpukan Sampah Kecil di Kamar Mandi Membuat Air Tidak Bisa Bergerak

Mirip seperti minyak beku pada pipa, masalah air menggenang juga terjadi secara perlahan di kamar mandi. Sebab, kita pasti tidak pernah membuang sampah besar seperti plastik atau puntung rokok ke saluran air toilet.

Tapi, kita pasti pernah membuang potongan sampo sachet, bungkus sabun cair, dan tisu ke lantai kamar mandi.

Kemudian sampah-sampah kecil tersebut mengalir ke saluran air kotor dan mengendap di dalam pipanya. Karena plastik tidak bisa terurai bahkan setelah bertahun-tahun, maka jumlah sampah ini terus bertambah selama bertahun-tahun.

 

Septic Tank Sudah Penuh

Untuk penyebab yang berikutnya ini kalian semua pasti sudah paham.

Pada setiap rumah, pasti terdapat septic tank sebagai tempat mengurai kotoran dari kamar mandi. Namun tidak semua septic tank di setiap rumah bisa mengurai dengan baik.

Salah satu alasan kenapa septic tank sering penuh sendiri bisa jadi karena kondisinya sudah tidak bisa mengurai dengan cepat sesuai dengan jumlah penghuni rumah tersebut.

 

Tumbuh Lumut di Dalam Pipa

Penyebab saluran air kotor sering mampet yang terakhir ini di luar kontrol kita sebagai penghuni rumah.

Karena memang kelembapan dalam pipa, beserta tanah yang sering terbawa oleh air membuat pipa sering ditumbuhi oleh lumut.

Kita hanya bisa mengatasi masalah ini dengan cara menuangkan obat khusus untuk membunuh lumut tersebut. Walaupun nantinya problematika yang sama akan tumbuh kembali.

 

Cara Membersihkan Saluran Air Kotor di Rumah

Jika kalian sering melakukan kebiasaan di atas dan sekarang muncul masalah-masalah pada pipa pembuangan air kotor, berikut ini adalah cara mengatasi masalahnya.

 

Menggunakan Alat Plunger

Pertama, kita bisa menggunakan alat plunger. Coba cek aplikasi toko online untuk membeli alat ini dengan harga cukup murah.

Dengan plunger, kita bisa memecahkan sumbatan karena sampah di saluran air kotor kamar mandi.

Sambil menggunakan plunger, kita juga perlu menyiram terus saluran air tersebut agar sampahnya mengalir terbuang ke luar pipa.

 

Tuang Air Hangat ke Wastafel

Cara selanjutnya ini dilakukan untuk mengatasi wastfel mampet karena minyak yang membeku tadi.

Untuk mencairkan lemak hewani di dalam pipa, kita bisa menyiram air hangat secara perlahan. Tapi jangan tuang air mendidih, karena bisa membuat pipa ikut meleleh.

Tuang air hangat secara perlahan selama beberapa kali. Lama kelamaan, lemak tersebut akan nengecil hingga larut sepenuhnya dan terbuang bersama air dari wastafel.

 

Gunakan Drain Auger

Cara membersihkan saluran air kotor berikutnya adalah dengan menggunakan drain auger. Jadi, cara ini mirip seperti menggunakan plunger, hanya saja cara kerjanya berbeda.

Bila plunger menggunakan sistem suction, drain auger ini mirip seperti kawat elastis yang dimasukan ke dalam pipa.

Kawat ini digunakan untuk mendorong sampah, minyak beku, atau sumbatan lainnya di saluran air.

 

Panggil Jasa Sedot WC

Nah, cara terakhir dan paling mudah untuk membersihkan saluran air kotor adalah dengan memanggil jasa sedot WC.

Tentunya Cara ini digunakan untuk mengatasi septic tank penuh hingga kloset jadi sulit disiram.

Dengan memanggil jasa sedot WC, septic tank di rumah Anda akan dikuras sampai kosong. Sehingga saluran air bisa lancar kembali.

Untuk Anda yang membutuhkan jasa sedot WC di Surabaya dan sekitarnya, kami dari CV. Eco Mandiri siap datang ke rumah langsung.

 

Cara Mencegah Saluran Air Mampet

Sebelum menutup artikel ini, mari kita pelajari sedikit tentang cara mencegah masalah serupa datang lagi dengan beberapa metode di bawah ini.

 

Jangan Buang Sampah ke Saluran Air Kotor Kamar Mandi

Cara pertama dan paling penting adalah jangan membuang sampah sekecil apapun ke dalam saluran air kotor.

Bila ada sampah organik bekas makanan pada piring yang belum dicuci, kalian perlu menyiapkan tempat khussu untuk membuang sampah tersebut.

Begitu pula dengan tisu, bekas popok bayi, sampah sampo dan sabun sachet, bekas cukuran jenggot, dan puntung rokok di kamar mandi.

Semuanya perlu disiapkan tempat sampah khusus di kamar mandi agar tidak berserakan dan terbuang ke pipa saluran air kotor oleh air.

 

Rutin Melakukan Maintenance pada Pipa Saluran Air

Ada banyak bentuk maintenance yang perlu kita lalukan pada pipa air di rumah.

Mulai dari mengecek apakah ada kebocoran, rutin memberi obat pelancar saluran air ke dalam pipa, melihat apakah ada keran yang bocor, mengecek ujung dari pipa pembuangan, dan masih banyak lagi.

Inilah mengapa memegang layout atau struktur bangunan pada rumah sendiri sangat penting.

Fungsi dari maintenance ini adalah agar segala macam kerusakan bisa langsung diidentifikasi dan diperbaiki sebelum masalahnya semakin meluas.

Bila genangan air pada wastafel dibiarkan, masalah yang awalnya kecil ini bisa semakin meluas ke saluran pipa lain.

 

Rutin Menguras Septic Tank

Terakhir, septic tank perlu dikuras secara rutin walaupun kamar mandi belum mampet. Justru memang baiknya jasa sedot WC dipanggil sebelum terjadi masalah agar kamar mandi bisa selalu digunakan.

Karena cara membersihkan saluran air kotor yang terakhir ini tidak bisa dilakukan sendiri, kami di CV. Eco Mandiri siap membantu membersihkannya untuk Anda.

CV. Eco Mandiri bisa dipanggil ke rumah tanpa biaya tambahan walaupun lokasinya jauh.

Selain itu, kami tim lapangan kami juga bisa membantu mengecek kondisi pipa air bersih maupun kotor di rumah Anda untuk memastikan semuanya dalam kondisi layak pakai.

Semua cara membersihkan saluran air kotor di atas perlu dilakukan setiap saat secara rutin, bukan hanya ketika pipa sudah mampet saja.

Walaupun kadang membutuhkan waktu lama dan menghabiskan seharian penuh, tapi metode di atas bisa membuat Anda tidak perlu membayar jutaan untuk renovasi dan perbaikan saluran air rumah.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami