10 Tips Membangun Saluran Air untuk Rumah

Dengan mempelajari tips membangun saluran air untuk rumah, kos, atau bahkan kios dan toko, kita bisa menghemat jutaan biaya renovasi di masa depan. Apalagi kalau kalian berencana membuat bangunan kos-kosan atau kios untuk disewakan.

Semua saluran air baik bersih maupun kotor memang letaknya tersembunyi di tanah dan dinding. Hal ini membuat biaya renovasi jadi semakin besar, sebab kita perlu membongkar permukaan bangunan dulu untuk memperbaiki apapun masalah yang dialami.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan membagikan 12 tips membangun saluran air baik untuk rumah yang sudah jadi maupun bangunan yang akan direnovasi.

 

Tips Membangun Saluran Air untuk Rumah dari Awal

Pembangunan saluran air

Setiap rumah pasti melewati tahap perencanaan dulu sebelum mulai dibangun. Walaupun sebagian besar perencanaan saluran pipa akan dilakukan oleh tukang dan pekerja konstruksi, kami sarankan kalian pahami dan ikuti 4 tips ini selama berkomunikasi dengan para kontraktor.

 

Buat Layout Pipa Saluran Air Berdasarkan Fungsinya

Ada banyak saluran air di dalam satu rumah dengan jenis, fungsi, dan cara pembuatan berbeda-beda.

Cara membuat saluran pembuangan air hujan tentunya berbeda dengan cara membuat saluran kamar mandi. Begitu juga dengan saluran air kotor dari wastafel, saluran air bersih dari sumur atau PDAM, dan masih banyak lagi.

Jadi tips pertama yang perlu dilakukan adalah membuat layout dulu berdasarkan fungsi dari saluran air tersebut.

Layout bisa dibuat secara digital di komputer, atau digambar langsung di kertas. Yang penting, kalian harus menyimpan data ini dengan baik bahkan sampai rumah sudah ditempati bertahun-tahun.

Pada tahap ini kalian juga perlu menentukan apakah instalasi saluran air akan berada di luar atau di dalam permukaan bangunan.

 

Pahami Jenis-jenis Pipa yang Dibutuhkan untuk Setiap Layout

Ada banyak jenis pipa untuk kebutuhan rumah.

Jika dibedakan berdasarkan fungsinya, kita bisa memilih 3 jenis pipa, yaitu:

  • Tipe AW untuk kebutuhan saluran air bersih dan pompa air
  • Tipe D untuk saluran air kotor
  • Tipe C untuk pelindung kabel listrik dan instalasi elektronik lainnya

Sedangkan jika dibedakan berdasarkan jenis materialnya, maka ada lebih banyak lagi tipe dari pipa ini. Seperti:

  • Pipa PVC
  • Pipa Galvanis
  • Pipa HDPE
  • Pipa air tembaga
  • Pipa carbon moly
  • Pipa chrome moly

Memang tidak semua pipa bisa digunakan untuk saluran air. Tapi kita akan diberikan banyak pilihan pipa untuk saluran air bersih dan air kotor.

Pastikan kalian pelajari dulu apa kelebihan dan kekurangan dari pilihan pipa tersebut, berapa harganya, dan berapa jangka waktu ketahanannya.

 

Hitung Estimasi Biaya yang Perlu Disiapkan

Dari dua tahap perencanaan tersebut, kita bisa membuat estimasi biaya untuk disiapkan.

Tentu ketika sudah dalam proses pembangunan, akan ada biaya tambahan seperti ongkos pengiriman material, biaya tukang, dna lain-lain.

Tapi setidaknya, dengan tips membangun saluran air di atas kita bisa memperkirakan berapa minimal biaya yang harus dibayar nantinya.

 

Abadikan Layout dalam Bentuk Foto atau Dokumen

Seperti yang sudah dikatakan tadi, layout saluran pipa di awal tadi perlu kita simpan sebaik mungkin.

Dokumentasi bisa dilakukan dengan cara di-fotocopy dan ditaruh bersama dokumen-dokumen penting lainnya, atau difoto dan disimpan ke penyimpanan cloud.

Nanti ketika rumah mau direnovasi, ada pipa yang rusak, atau mau dijual, kita masih punya layout dari saluran air ini sebagai acuan pembangunan selanjutnya.

 

Tips Renovasi Saluran Air Lama agar Lebih Awet

Beberapa dari kalian yang membaca artikel ini mungkin rumahnya sudah ditempati bertahun-tahun. Tapi tenang saja, karena masih ada tips renovasi saluran air lama agar tidak cepat rusak tanpa harus membongkar seluruh instalasi pipa lama.

 

Cek Saluran yang Paling Sering Bocor

Tips pertama, cek dulu saluran air yang paling sering bocor. Baik itu saluran air wastafel, kamar mandi, mesin cuci, atau justru saluran air kotor.

Kalau posisi instalasi pipa ada di dalam tembok, biasanya kebocoran bisa terlihat dari perubahan warna di area tertentu. Itu artinya pipa di balik tembok tersebut sudah retak halus dan rembes ke dalam tembok.

Jika ada pipa yang bocor lebih dari 3 kali dalam setahun, kemungkinan besar jenis pipa tersebut tidak cocok dengan kegunaan atau cara pemasangannya.

Jadi kalian bisa renovasi bagian yang paling sering rusak saja dengan jenis pipa lain berdasarkan tips membangun saluran air di atas.

 

Ganti Kran di Kamar Mandi, Wastafel, dan Tempat Cuci Piring

Mengganti kran air di kamar mandi, tempat cuci piring, kran di luar rumah, serta wastafel, juga bisa membantu mengurangi masalah kebocoran dan tagihan air membengkak.

Kalau kalian tidak sadar, setiap kran pasti akan bocor dan terus mengeluarkan air walaupun sudah ditutup. Hal ini disebabkan oleh adanya sumbatan di pintu dalam kran, ada retak, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya buang-buang air, tapi masalah kecil seperti ini bisa membuat tagihan air membengkak dalam jangka panjang.

Kebanyakan masyarakat Indonesia membiarkan kran bocor sampai tidak bisa dipakai sama sekali. Padahal bila diganti ketika masalah kecil ini mulai terlihat, jumlah uang yang bisa kalian hemat bisa berkali-kali lipat lebih besar.

Selain itu mengganti kran juga bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan profesional.

 

Gunakan Endoscope Camera untuk Memeriksa Dinding dan Saluran Air

Tips membangun saluran air yang terakhir ini mungkin butuh biaya cukup besar. Tapi Endoscope Camera bisa mencegah pipa bocor walaupun layout dan instalasinya berantakan waktu pertama kali dibuat.

Fungsi dari Endoscope Camera sendiri adalah untuk mendeteksi adanya lubang di dalam tembok dan pipa.

Kalau kalian pernah dengar endoskopi untuk memeriksa kesehatan, cara kerja kamera ini juga mirip dengan proses endoskopi tersebut.

 

Bagaimana Cara Memelihara Saluran Air dengan Baik?

Tips membangun saluran air agar awet yang terakhir dengan merawatnya. Nah, berikut ini kami akan sebutkan beberapa cara memelihara saluran air agar tidak bocor, mampet, dan rusak.

 

Jangan Buang Minyak ke Saluran Air

Pertama dan paling penting, jangan pernah buang minyak ke saluran air. Sebab kumpulan minyak ini akan membeku di dalam saluran air dan membuat pipa jadi mampet.

Sebagai gantinya, ada dua metode untuk membuang minyak bekas masak setiap hari.

Cara pertama adalah dengan ditaruh di dalam kotak seperti tempat bekal yang dilapisi plastik. Kemudian tutup dan bekukan di dalam freezer agar lebih cepat. Lalu buang minyak yang sudah beku ke tempat sampah organik tanpa plastiknya.

Sedangkan cara kedua adalah dengan memasukan minyak ke botol, tutup rapat, lalu buang ke tempat sampah non organik.

Cara kedua ini mungkin terlihat lebih cepat, tapi sebenarnya lebih repot. Karena kalian harus menyediakan banyak botol untuk membuang sampah minyak di rumah.

 

Segera Atasi Saluran Air yang Bocor

Bila ada kebocoran, segera atasi secepat mungkin agar masalahnya tidak merembet ke area lain. Kebocoran ini sendiri bisa disebabkan karena ada sumbatan hingga tekanan air jadi lebih kencang, karena getaran dan perubahan struktur tanah, atau karena faktor lainnya.

Kami di CV. Eco Mandiri menyediakan layanan perbaikan pipa bocor dan mampet untuk masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Tapi untuk masalah pipa bocor yang posisinya ada di luar tembok, kalian bisa atasi sementara menggunakan lakban pipa.

 

Rutin Menguras Septic Tank dan Cek Bak Kontrol

Tips yang terakhir ini perlu kita lakukan untuk merawat saluran air kotor agar tetap lancar. Khususnya saluran pembuangan dari kloset kamar mandi ke septic tank.

Untuk rumah, kos, dan kios yang punya bak kontrol, kalian perlu mengecek setidaknya tiap satu bulan sekali.

Sedangkan rumah biasa yang tidak punya bak kontrol cukup memanggil jasa sedot WC tiap tiga sampai enam sekali saja untuk memastikan septic tank tidak penuh.

 

Dari 10 tips membangun saluran air di atas, kita mungkin tidak bisa menjalani seluruhnya karena keterbatasan biaya maupun alat dan material. Jadi setidaknya kalian perlu mengikuti tips merawat saluran air agar pipa-pipa di rumah tidak sering bocor dan menghabiskan tabungan untuk renovasi tiap awal tahun.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami