Alasan Memilih Septic Tank Beton Dibandingkan Jenis Lainnya

Walaupun saat ini septic tank plastik lebih banyak digunakan, ada beberapa alasan memilih septic tank beton lebih direkomendasikan di kondisi tertentu. Khususnya di situasi ketika bangunan tersebut akan digunakan untuk rumah pribadi.

Perdebatan antara mana yang lebih bagus dari septic tank plastik dan beton memang akan selalu muncul. Oleh karena itu, mari kita mulai membandingkan keduanya dari jenis beton dulu.

 

3 Syarat dalam Membuat Septic Tank yang Baik

Sebelum membahas masalah septic tank beton, beberapa dari kalian mungkin ada yang bingung apakah boleh menggunakan beton untuk tangki penguraian ini. Sebab, beton merupakan material yang bisa meresap air, sehingga ditakutkan air kotor dari kamar mandi malah mencemari tanah di sekitarnya.

Sebenarnya, ada banyak jenis bahan pembuat septic tank dan semuanya boleh digunakan selama tetap mengikuti 3 syarat di bawah ini.

  • Kedap air
  • Memiliki lubang kontrol
  • Berjarak lebih dari 10 meter dari sumur dan sumber air bersih

Sebelum diciptakan septic tank plastik pun, tangki dari beton ini sudah digunakan lebih dulu. Dan material beton ini tidak akan meresap air seperti tembok atau material batu pada umumnya.

 

Alasan Memilih Septic Tank Beton Dibandingkan Plastik

memilih septic tank beton

Alasan utama mengapa septic tank beton lebih baik dibandingkan plastik adalah karena masalah kelestarian lingkungan. Memang pada umumnya, cara tradisional yang sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu memberi dampak kerusakan lingkunan yang lebih kecil.

Jika kita pikirkan, dalam beberapa puluh tahun kedepan kita mungkin tidak akan tinggal di rumah yang sama. Bahkan bangunan tersebut bisa saja sudah dihancurkan dan diganti dengan bangunan lain.

Lalu ketika bangunan tersebut sudah tidak ada, septic tank plastik tetap akan terkubur di dalam tanah dan mengganggu ekosistem lingkungan hidupnya. Apalagi material plastik tidak dapat terurai bahkan setelah ratusan tahun.

Sedangkan pada septic tank beton, diperkirakan material ini bisa bertahan sampai 40 tahun. Memang untuk rumah yang akan diturunkan dari generasi ke generasi, diperlukan perawatan setiap 40 tahun sekali.

Tapi ketika rumah tersebut sudah tidak dihuni lagi, material beton akan bercampur dengan tanah dan menjadi rumah dari hewan-hewan dan mikroba yang ada di dalam tanah.

 

Harga Septic Tank Beton

harga septic tank beton

Harga septic tank beton mulai dari Rp 3 jutaan diluar biaya pemasangan. Memang harganya lebih mahal daripada septic tank plastik. Hal ini dikarenakan kita perlu membeli material terpisah seperti beton, tutup, pipa ventilasi, dan lain-lain.

Beberapa toko material ada yang sudah menjual paket material septic tank agar lebih murah dengan ukuran tertentu. Bahkan sekarang juga sudah ada septic tank beton yang siap pasang agar lebih praktis.

Silahkan kalian melakukan riset untuk tahu mana pilihan terbaik dari segi harga, ukuran, maupun bahan.

 

Apakah Septic Tank Beton juga Harus Dikuras?

Walaupun ukuran septic tank beton umumnya lebih besar dari tangki plastik, septic tank ini tetap harus dikuras secara berkala. Khususnya sebelum memasuki dan setelah musim hujan.

Proses menguras septic tank beton juga kurang lebih lama seperti jenis lainnya. Kalian bisa serahkan masalah ini ke petugas profesional seperti sedotwcsurabaya.id.

Di sini mungkin ktia hanya membahas tentang alasan memilih septic tank beton. Tapi bukan berarti septic tank plastik tidak baik untuk lingkungan dan tidak boleh digunakan sama sekali. Justru, kedua jenis ini punya kegunaan spesifik dan tingkat efisiensi yang berbeda.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami