5 Cara Membersihkan Keran Air yang Kotor, Langsung Kinclong!

Keran air yang selama ini ada di kamar mandi Anda sudah pasti tidak selalu bersih. Ada kalanya keran tersebut kotor, apalagi jika Anda tidak pernah membersihkannya. Selain di kamar mandi, keran biasanya juga ada di wastafel.

Kotornya keran air bisa di dalam maupun di bagian luarnya. Kotor di bagian luar membuat keran air menjadi tidak estetik dan kotor di bagian dalam membuat aliran air menjadi mampet karena tersumbat oleh kotoran.

Maka dari itu, keran harus dibersihkan secara rutin supaya aliran airnya lancar, sehingga bisa Anda gunakan untuk aktivitas MCK (Mandi, Cuci, Kakus). Meski terlihat mudah, namun masih banyak orang yang tidak bisa membersihkan keran air secara maksimal.

 

Cara Membersihkan Keran Air

membersihkan keran air

Maka dari itu, melalui artikel ini admin akan memberikan sedikit panduan bagaimaan cara membersihkan keran air yang kotor hingga bersih dan kinclong kembali seperti baru pertama kali membeli.

Apa saja yang perlu dipersiapkan dan apa saja yang perlu dilakukan? Mari simak panduan selengkapnya berikut ini :

 

Siapkan Terlebih Dahulu Bahan yang Diperlukan

Membersihkan keran bukan sekedar menyiramkan air ke keran, ada beberapa bahan yang harus disiapkan supaya proses pembersihan menjadi maksimal.

Ada banyak alternatif bahan yang bisa Anda gunakan antara lain yaitu cuka putih, soda kue, boraks, jeruk nipis, atau minyak bayi. Pilih salah satu saja.

 

Mulai Proses Pembersihan

Jika bahan sudah siap, maka proses selanjutnya adalah pembersihan keran air itu sendiri. Anda bisa menggunakan bahan yang tadi sudah dipilih. Untuk panduan selengkapnya, silakan baca artikel ini sampai selesai.

 

Cara Membersihkan Keran Air dengan Berbagai Bahan

bersihkan keran air

Sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan tadi, ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan keran yang kotor. Seperti inilah panduan selengkapnya yang dapat Anda ikuti :

 

Cuka Air

Fungsi cuka air yaitu membantu menghilangkan noda berkerak yang ada pada keran air. Caranya yaitu dengan mencampurkan cuka dan air ke dalam satu wadah.

Jika sudah, semprotkan ke bagian keran air yang ada keraknya. Tunggu selama 15 menit hingga menyerap, baru lap menggunakan kain lap bersih dan secara otomatis keraknya akan menghilang.

 

Soda Kue

Jika tidak ada cuka di rumah, alternatif lainnya Anda bisa menggunakan soda kue atau baking soda. Caranya yaitu dengan meneteskan air ke dalam soda kue lalu campurkan secara merata hingga teksturnya berupa menjadi seperti pasta.

Oleskan pasta tersebut pada bagian keran air yang terdapat noda, lalu diamkan selama beberapa menit. Selanjutnya sikat pasta menggunakan sikat berbulu halus untuk menggosok noda sampai terangkat kotorannya. Langkah terakhir, bilas dengan air bersih lalu lap keran tersebut sampai kering.

 

Boraks

Cara membersihkan keran air selanjutnya adalah menggunakan boraks. Ya, Anda tidak salah baca, bahan yang berbahaya untuk makanan ini jika digunakan untuk hal lain ternyata ada manfaatnya juga.

Boraks sudah dibuktikan bisa menghilangkan noda terutama pada keran air yang terbuat dari stainless steel.

 

Jeruk Nipis

Selain menggunakan bahan kimia, Anda juga bisa menggunakan bahan alamiah seperti jeruk nipis untuk membersihkan keran yang kotor. Kandungan asam pada jeruk nipislah yang bisa membantu menghilangkan noda atau kotoran.

Caranya sangat mudah, pertama bersihkan dulu keran dari debu dengan cara menyikat menggunakan sabun cuci. Berikutnya, tuangkan cairan jeruk nipis lalu tunggu selama sekitar 10 menit. Terakhir sikat keran sampai bersih lalu bilas dengan air.

 

Minyak Bayi

Alasan mengapa minyak bayi bisa dipakai untuk membersihkan keran air yang kotor adalah karena adanya kandungan mineral yang bisa menghaluskan permukaan logam dan membuat keran tampak berkilau.

Caranya cukup dengan meneteskan minyak bayi ke kain atau lap microfiber yang bersih. Gosok keran dengan gerakan melingkar sampai tampak lebih berkilau.

 

Nah itulah dia cara membersihkan keran air kotor hingga mengkilau. Jangan lupa lakukan hal tersebut secara rutin ya, terutama saat keran di rumah sudah mulai kotor dan berkerak.

Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk membersihkannya sendiri, Eco Mandiri siap membantu Anda. Kami siap membantu membersihkan termasuk menghilangkan sumbatan yang ada keran air. Khusus wilayah Surabaya dan sekitarnya, jangan ragu menghubungi sedotwcsurabaya.id.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami