Kapan Waktu Terbaik Sedot WC? Begini Penjelasannya

Sebagian orang masih melakukan sedot WC hanya ketika WC tersumbat saja. Padahal WC tersumbat bisa dicegah jika memang melakukan sedot WC secara rutin.

Ingat, rutin bukan berarti dilakukan setiap hari. Tapi terus dilakukan secara berkala untuk memastikan tidak ada kotoran atau benda asing yang menyumbat. Nah meskipun belum sampai menumpuk, tidak ada salahnya mencegah terlebih dahulu dengan menyingkirkan kotoran pada septic tank sehingga alirannya menjadi lebih lancar.

Nah pada artikel ini penulis akan mencoba menjelaskan kapan saja waktu terbaik yang bisa digunakan untuk melakukan sedot kotoran yang ada di dalam WC maupun septic tank.

 

Apa Itu Sedot WC?

Apa itu sedot WC

 

Mungkin pembaca masih ada yang belum paham mengenai apa itu sedot WC. Jadi, yang dimaksud dengan sedot WC adalah kegiatan menyedot kotoran yang ada di dalam WC ataupun septic tank sehingga septic tank pun jadi bersih dan tidak tersumbat lagi.

Mengapa bagian septic tank yang disedot? Sebab, septic tank pada dasarnya menjadi tempat pembuangan akhir kotoran ketika kita Buang Air Besar. Cepat ataupun lambat, lama kelamaan septic tank pasti penuh dengan kotoran dan Anda harus membersihkannya.

Nah setelah Anda mengerti tentang apa itu sedot WC, selanjutnya mari kita bahas tentang waktu terbaik untuk melakukan sedot WC.

 

Waktu Terbaik Sedot WC

Kapankah sebaiknya melakukan sedot WC? Apakah seminggu sekali? sebulan sekali? Atau mungkin bisa hanya setahun sekali?

Pada prinsipnya sedot WC tidak bagus dilakukan terlalu sering kecuali kondisinya sudah sangat parah alias terlalu banyak kotoran yang menumpuk. Sebab sering melakukan sedot WC dapat menyebabkan pencemaran air tanah sehingga mengurangi kualitas airnya.

Sehingga air tanah yang terjemar apabila dimasak sudah tentu dalam menimbulkan penyakit berbahaya. Hal tersebut tidak seharusnya terjadi. Maka dari itu, waktu ideal untuk sedot WC adalah tiga tahun sekali atau ketika WC benar-benar sedang bermasalah.

Saran tersebut disampaikan oleh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo. Alasan mengapa sedot WC harus dilakukan tiga tahun sekali adalah untuk mengurangi beban pencemaran dan polusi air tanah.

Sehingga tidak benar jika ada yang mengatakan bahwa sedot WC hanya boleh dilakukan ketika WC atau septic sedang tersumbat saja. Justru untuk pencegahan, sedot kotoran WC harus rutin dilakukan.

 

Jadi jangan sampai salah lagi. Itulah waktu terbaik sedot WC yang aman dan tidak mencemari lingkungan.

Bila Anda tidak sempat melakukan sedot kotoran sendiri, serahkan saja pada UD Eco Mandiri. Siap membantu Anda mengatasi berbagai permasalahan WC dan saluran air dengan harga terjangkau dan hasil yang wow.  Informasi selengkapnya silakan hubungi kontak berikut ini.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami