Perbedaan Kloset Jongkok dan Kloset Duduk, Manakah yang Lebih Baik?

Di dunia ini ada dua jenis WC atau kloset yang sering kita temukan, yaitu kloset duduk dan kloset jongkok. Sesuai dengan namanya, kloset duduk digunakan dengan cara menduduki kloset tersebut ketika buang air, sedangkan cara menggunakan kloset jongkok adalah dengan jongkok di atas kloset tersebut.

Umumnya kloset duduk banyak dimiliki oleh kalangan menengah ke atas karena biaya pembuatannya yang cukup mahal, sedangkan kloset jongkok dimiliki oleh kalangan menengah ke bawah karena tarif pembuatannya yag lebih terjangkau. Namun jika Anda membutuhkan jasa pembuatan kloset baik kloset duduk maupun kloset jongkok yang ramah di kantong, maka CV Eco Mandiri adalah jawabannya.

 

Perbedaan Kloset Jongkok dan Kloset Duduk

Secara garis besar, perbedaan antara kloset jongkok dan kloset duduk sudah saya jelaskan di awal paragraf tadi yaitu dari bentuk dan cara menggunakannya. Anda bisa melihat langsung perbedaan bentuk WC duduk dan WC jongkok pada gambar berikut ini.

kloset jongkok dan kloset duduk

Gambar kiri merupakan kloset duduk dan gambar kanan merupakan kloset jongkok. Terlihat snagat jelas perbedaannya bukan?

Kloset harus digunakan sesuai dengan bentuknya. Tidak bisa menggunakan kloset duduk dengan cara jongkok atau menggunakan kloset jongkok dengan cara diduduki.

Baik WC duduk maupun WC jongkok masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

 

Kelebihan Kloset Jongkok

kelebihan kloset jongkok
Sumber gambar : iStock

Ada beberapa kelebihan menggunakan kloset jongkok menurut pendapat sebagian pengguna yaitu :

 

Buang Air Besar Lebih Paripurna

Memang ada yang lebih nyaman BAB dengan WC duduk dan ada pula dengan WC jongkok, tergantung selera masing-masing. Akan tetapi pengguna WC jongkok punya alasan mengapa aktivitas BAB terasa lebih sempurna.

Alasan pertama yaitu posisi jongkok membuat proses pengeluaran feses menjadi lebih mudah karena posisi paha yang sedikit terangkat. Selain itu ketika proses pembersihan juga lebih sempurna karena seluruh bagian yang kotor benar-benar dibersihkan menggunakan tangan.

Lain halnya ketika menggunakan kloset duduk yang hanya mengandalkan air saja ketika proses pembersihan setelah buang air besar.

 

Baik Untuk Kesehatan

Keunggulan lainnya dari WC jongkok adalah dampak yang baik untuk kesehatan. Sebab, menurut penelitian, posisi jongkok membuat proses BAB bisa berjalan dengan lancar.

Hal ini berhubungan dengan kinerja otot dan posisi tubuh. Posisi jongkok berguna untuk mengoptimalkan ruang pembuangan tinja di anus sekaligus membuat otot di anus dan usus besar lebih relaks sehingga tinja bisa keluar secara lebih maksimal.

Sedangkan buang air besar pada posisi duduk, otot saluran cerna akan menekan rektum dan menyempitkan saluran dubur. Hal ini bisa mengganggu kelancaran proses BAB.

 

Harga Terjangkau

Karena bentuknya yang terlihat sederhana, maka wajar saja jika WC jongkok dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal. Hal ini bertolak belakang dengan kloset duduk yang mmeiliki harga lebih mahal karena secara ukuran memang lebih besar dan terdapat tambahan fitur-fitur yang tidak ada pada WC jongkok.

 

Kekurangan Kloset Jongkok

kekurangan kloset jongkok

Kloset jongkok sebenarnya ada kekurangannya juga yakni sebagai berikut :

 

Kurang Cocok untuk Orang yang Lanjut Usia

Orang yang sudah sangat tua dan renta sebenarnya kurang cocok jika harus menggunakan WC jongkok. Alasannya, terlalu lama dalam posisi jongkok membuat timbulnya radang sendiri terutama pada bagian kaki.

Selain itu WC jongkok juga kurang direkomendasikan bagi penyandang disabilitas dan orang yang mengalami obesitas. Karena kondisinya kurang memungkinkan jika harus jongkok.

 

Tampilan Kurang Menarik

Sebenarnya ini hanya soal selera saja. Namun pada faktanya memang secara tampilan, kloset jongkok itu sangat sederhana dan terlihat kurang menarik.

Maka tak heran jika kloset yang satu ini dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal.

 

Kelebihan Kloset Duduk

Kloset duduk memiliki beberapa kelebihan yang tidak kalah dengan kloset jongkok. Adapun beberapa kelebihan itu antara lain yaitu :

 

Lebih Nyaman

Jika dibandingkan dengan kloset jongkok, sebenarnya kloset jongkok lebih nyaman digunakan oleh siapa saja termasuk itu orang tua. Cuma tinggal duduk saja, sudah bisa langsung buang air besar.

Bahkan BAB menggunakan kloset duduk bisa dilakukan sambil melakukan aktivitas lainnya seperti mendengarkan musik di HP menggunakan headset.

 

Lebih Modern

Secara desain, tentu saja tampilan WC duduk jauh lebih modern dan terkini bila dibandingkan dengan WC jongkok. Maka tak heran harganya juga sangat mahal.

Bahkan sebagian orang beranggapan jika kloset duduk sebagai penanda status sosial yang lebih tinggi.

 

Kekurangan Kloset Duduk

Kloset duduk pada faktanya juga memiliki kekurangan, antara lain yaitu :

 

Harga Mahal

Uang Anda pas-pasan? Berarti Anda tidak akan bisa memiliki kloset duduk, sebab dari segi harga memang jenis kloset ini jauh lebih mahal.

 

Tidak Higienis

Alasan mengapa WC duduk tidak higienis adalah adanya kontak langsung kulit dengan kloset menyebabkan timbulnya infeksi. Karena di sana tempat bersarangnya kuman dan kotoran.

 

Jadi dapat kita simpulkan bahwa baik itu kloset duduk maupun kloset jongkok masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami