7 Cara Membersihkan Kloset yang Benar [WC Duduk dan Jongkok]

Jika kalian percaya ungkapan bahwa kebersihan toilet mencerminkan kebersihan pemilik rumah, maka kita tidak boleh menggunakan cara membersihkan kloset yang asal-asalan. Walaupun kelihatannya bersih, cara asal-asalan tidak akan menghilangkan kuman dan bakteri di dalam kamar mandi dengan efektif.

Bahkan cara yang salah bisa membuat kloset jadi rusak, pipa pembuangan bocor, hingga septic tank jadi penuh dan mampet.

Oleh karena itu kami akan jelaskan bagaimana cara membersihkan kloset yang benar di sini.

 

7 Cara Membersihkan Kloset yang Benar untuk WC Duduk dan Jongkok

membersihkan kloset

Ada 7 langkah dalam cara membersihkan kamar mandi, yaitu:

 

Siram Kloset dengan Cairan Pembersih Khusus dan Diamkan Selama Beberapa Jam

Pertama-tama, kita perlu tahu dulu bahwa cairan pembersih kloset berbeda dengan cairan pembersih lantai alias karbol. Cairan pembersih toilet biasanya tidak berbusa, tidak menimbulkan bau sewangi karbol, serta fungsinya hanya untuk mengangkat kotoran dan kerak di permukaan kloset saja.

Cara penggunaannya pun berbeda. Cairan pembersih toilet harus disiram dan didiamkan dulu di permukaan kloset selama beberapa jam hingga semalaman.

Jadi silahkan cari pembersih toilet terbaik di toko dekat rumah kalian dan ikuti langkah pertama ini.

 

Bersihkan Lantai dan Pinggiran Kloset Menggunakan Cairan Karbol

Sambil menunggu cairan pembersih kloset bekerja, kita bisa menyiramkan cairan pembersih lantai alias karbol di pinggiran kloset.

Cara ini bisa digunakan sebagai cara membersihkan toilet duduk yang berkerak di bagian bawahnya.

Gunakan sikat lantai atau sikat kumis untuk membersihkan noda di sekitar toilet. Dan karena cairan pembersih lantai bisa mengangkat noda secara langsung, kita tidak perlu menunggu seperti pada cairan pembersih toilet tadi.

 

Sikat Bagian Dalam Kloset Menggunakan Sikat WC

Jika kalian tidak ingin menunggu semalaman, mari lanjutkan ke cara membersihkan kloset yang benar berikutnya yaitu menyikat bagian dalam kloset.

Untuk bagian ini, gunakan sikat WC khusus dengan gagang. Sehingga kita bisa membersihkan seluruh bagian kloset tanpa membuat pergelangan tangan terasa sakit. Dan khusus untuk toilet duduk, kalian bisa airi dulu sikat agar lebih licin.

Setelah selesai, flush atau siram lagi menggunakan gayung agar cairan pembersih toilet tadi mengalir ke lubang toilet.

 

Gunakan Soda Api untuk Noda Membandel

Salah satu cara membersihkan kloset berkerak yang lain adalah dengan menggunakan soda api.

Setelah dibersihkan dengan cairan toilet tadi, kita bisa melihat noda mana yang tidak bisa hilang hanya dengan cairan pembersih biasa. Jadi kita perlu membeli bubuk soda api, menaburkannya ke area yang berkerak, kemudian menunggu beberapa menit.

Setelah itu, sikat area berkerak tadi menggunakan sikat WC bergagang sampai nodanya hilang. Lalu siram atau flush agar sisa soda apinya mengalir ke lubang kloset.

 

Bilas Seluruh Sisa Sabun di Permukaan Lantai dengan Air Sambil Disikat

Sebelum membereskan peralatan, siram dulu seluruh lantai kamar mandi dengan air dan disikat pada bagian-bagian yang kotor.

Ketika membersihkan toilet, kita bukan hanya harus berfokus pada klosetnya saja. Lantai dan dinding kamar mandi pun tidak kalah penting untuk dibersihkan.

 

Cuci Peralatan yang Digunakan untuk Membersihkan Kloset

Langkah selanjutnya dalam cara membersihkan kloset yang benar adalah mencuci semua peralatan setelah digunakan tadi.

Kita bisa menyiram semua sikat dengan cairan pembersih lantai kemudian membilasnya dengan air mengalir untuk membersihkan peralatan ini. Tapi, jangan alirkan air bekas bilasan sikat ke kloset. Cukup alirkan ke lubang pembuangan air kamar mandi saja.

Selanjutnya taruh lagi sikat di tempat masing-masing setelah kering.

 

Taruh Pengharum Ruangan atau Kapur Barus di Kamar Mandi

Agar kamar mandi tetap wangi, kita juga bisa menaruh pengharum ruangan atau kapur barus.

Kapur barus bukan hanya dibutuhkan untuk kamar mandi di rumah ada tikusnya. Kebanyakaan kapur barus saat ini dijual dengan berbagai macam pilihan aroma, sehingga bisa digunakan juga sebagai pengharum ruangan di kamar mandi.

Jika kalian tidak ingin menggunakan kapur barus, gunakan mesin pengharum ruangan yang aktif secara otomatis setiap beberapa menit.

 

Tips Mencegah Kloset dan Kamar Mandi Cepat Kotor

Cara membersihkan kloset kamar mandi sudah selesai. Sekarang, waktunya mencari tahu bagaimana cara agar kamar mandi tidak cepat kotor dan bau selain harus dibersihkan secara rutin.

 

Jangan Merokok dan Buang Puntung Rokok di Kloset

Merokok di kamar mandi adalah salah satu kebiasaan orang Indonesia yang harus dihentikan. Sebab, kamar mandi tidak punya ventilasi layaknya ruangan lain di dalam rumah. Sehingga seluruh bau dari asap rokok akan menempel di dinding dan barang-barang di dalam kamar mandi.

Selain itu, banyak orang yang punya kebiasaan membuang puntung rokok di lubang kloset. Kebiasaan ini bisa membuat kloset jadi mampet karena busa di puntung rokok tidak bisa mengurai layaknya tisu toilet.

 

Tidak Perlu Menaruh Tempat Sampah di Dalam Kamar Mandi

Walaupun menyimpan tempat sampah terdengar bisa mencegah penghuni rumah buang sampah tisu ke dalam kloset, cara ini justru akan menimbulkan bau di dalam kamar mandi. Salah satu alasannya adalah karena suhu di dalam kamar mandi yang lembab.

Suhu lembab ini membuat bau dari sampah yang bercampur jadi lebih menyengat, kuman dan bakteri di dalam tempat sampah jadi cepat berkembang biak, hingga bisa muncul hewan kecil yang mengerubungi tempat sampah tersebut.

Jika memang kalian ingin menaruh tempat sampah di dekat kamar mandi, taruh saja di depan pintu masuk luar kamar mandi. Selain itu, gunakan kantong plastik untuk melapisi bagian dalam tempat sampah agar lebih mudah dibersihkan.

 

Rutin Memanggil Jasa Sedot WC

Terakhir, rutin memanggil jasa sedot WC untuk menguras septic tank walaupun belum mampet.

Kebanyakan dari kita hanya tahu jasa sedot WC gunakan untuk mengatasi WC mampet dan rusak saja. Padahal rutin menguras septic tank juga bisa meningkatkan kebersihan kamar mandi dan kehigenisan dalam hidup kita secara umum.

Biasanya jasa sedot WC dipanggil selama 6 bulan sekali hingga 1 tahun sekali.

Dalam jangka waktu tersebut, petugas sedot WC akan menambahkan bakteri pengurai di dalam septic tank. Cara ini digunakan untuk mempercepat proses penguraian dalam septic tank dan membuat septic tank tidak cepat penuh.

Perlu kalian ketahui, salah satu alasan kenapa toilet sering mengeluarkan bau tidak sebab bisa jadi karena septic tanknnya penuh dan tidak bisa mengurai kotoran karena bakteri pengurai di dalamnya terlalu sedikit.

Seperti itulah cara membersihkan kloset yang benar, baik untuk kloset duduk maupun jongkok. Jangan lupa, kamar mandi harus dibersihkan setidaknya dua minggu sekali. Sehingga kuman dan bakteri di dalamnya tidak sempat berkembang biak hingga menyebabkan bau.

Ganti juga peralatan untuk membersihkan kamar mandi beberapa bulan sekali sebelum jadi sarang bakteri.

WC Anda bermasalah? Tidak perlu khawatir, bisa jadi itu disebabkan karena WC yang mampet. Bagi Anda yang tinggal di wilayah Surabaya dan sekitarnya langsung saja menghubungi CV Eco Mandiri, untuk info lebih lanjut bisa langsung saja cek sedotwcsurabaya.id


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami