3 Cara Membuat Septic Tank Yang Benar, Tidak Cepat Penuh

3 Cara membuat Septic Tank Yang Benar, Tidak Cepat Penuh dengan Menyesuaikan Ukuran dan Di kerjakan oleh pekerja yang ahli dalam pembuatan Septic tank.

Cara membuat septic tank harus sesuai dengan standar yang berlaku agar berfungsi optimal dan aman bagi pemillik rumah. Bagi Anda pemula, cek langkah pembuatan tangki penampungan limbah di sini.

Septic tank adalah lubangyang digunakan untuk membuang dan mengelola kotoran manusia. Fungsinya agar feses tersebut tidak dibuang sembarangan sehingga mencemari area perumahan.

Dampak jika feses dibuang sembarangan, bisa memengaruhi kualitas tanah, air, dan udara di sekitar hingga mengundang penyakit berbahaya. Lantaran fungsinya yang krusial, pembuatan tangki limbah diatur dalam SNI oleh badan standarisasi nasional.

Berikut Cara membuat Septic Tank Yang Benar, Yuk, kita ulik lebih lanjut, di pembahasan ini.

3 Cara membuat Septic Tank Yang Benar, Tidak Cepat Penuh
3 Cara membuat Septic Tank Yang Benar, Tidak Cepat Penuh Harus dengan pekerja yang pengalaman

Cara membuat septic tank Yang Benar dengan buis beton

Pembuatan tangki penampungan limbah bisa menggunakan berbagai material. Salah satu paling populer adalah buis beton.

Buis adalah material dari beton berbentuk lingkaran yang diperuntukkan untuk membuat saluran pembuangan. Anda tak perlu repot memasang batako di sisi galian karena buis sudah tinggal dipasang.

Pemasangan menggunakan buis umum dilakukan oleh pemilik rumah dengan lahan terbatas. Septic tank dengan material ini menghasilkan lebar minimal, tetapi tinggi yang lumayan.

Demi meminimalkan lahan, buis yang sudah jadi dipasang di area yang sudah diukur kedalamannya. Perhatikan langkah berikut.

1. Membuat perencanaan dan pembelian material

Keunggulan buis beton adalah bisa dipasang di lahan terbatas. Jadi cocok untuk rumah di lokasi padat penduduk. Buis tersedia dengan berbagai ukuran diameter sehingga dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Walaupun, tak begitu repot mengukur lebar lahan, tetapi Anda wajib memiliki perencanaan dan melakukan perhitungan. Contohnya, kedalaman ruang agar dapat menampung banyak kotoran.

Ini karena jika tak diperhitungkan dengan baik, bisa saja ukuran septic tank ketika jadi terlalu kecil. Akibatnya, Anda akan sering menguras karena kepenuhan.

Tentukan kapasitas penampungan tangki lalu beli busi sesuai dengan ukuran tersebut. Misalnya, rumah terdiri dari 4 anggota keluarga dan perlu tangki penampungan limbah yang sedang. Maka pilih diameter busi yang sedang pula. Sebab, material busi tidak dapat diubah lagi karena sudah dicetak.

2. Memilih lahan untuk membuat galian

Langkah berikutnya tentukan di mana Anda ingin membangun penampungan limbah. Bisa di dalam maupun area belakang rumah.

Buatlah galian melingkar sesuai dengan diameter busi. Umumnya, ukuran yang dibutuhkan yaitu 1,5-2,5 meter. Sementara kedalamannya mulai dari 1 meter.

3. Memasang buis beton

Pemasangan buis beton lebih efektif dilakukan beberapa orang karena cukup berat. Anda dapat mempertimbangkan menggunakan katrol untuk mempermudah.

Buis memiliki ketinggian berbeda, semakin tinggi materialnya maka jumlah pembelian bisa ditekan.

Masukkan buis ke dalam lubang galian, lalu tambahkan beberapa buis lagi sesuai kedalaman lubang. Apabila sudah terpasang, plaster bagian dalamnya agar air tak merembes.

4. Memasang pipa saluran pembuangan

Selanjutnya memasang pipa saluran pembuangan dari closet ke septic tank. Pasang pipa berukuran besar demi menghindari saluran tersumbatsaluran tersumbat. Perhatikan sudut kemiringan untuk menjaga fungsi penampungan bekerja dengan baik.

5. Tutup dengan plaster semen

Tahap terakhir adalah melapisi semen plaster untuk menutup bagian atas. Pastikan menambahkan pipa untuk ventilasi agar gas metana yang terbentuk tak menyebabkan ledakan.

Cara membuat Septic tank Yang Benar dalam rumah

Pembuatan penampungan kotoran di dalam rumah perlu pertimbangan matang. Jangan sampai salah membangun di tempat yang salah dan menyulitkan ketika ingin menguras.

Selain itu, menurut Feng Shui tangki pembuangan sebaiknya diletakkan jauh dari pintu masuk agar bau busuk yang muncul ketika penuh tak mengganggu tamu berkunjung. Adapun seperti ini langkah perencanaan dan pembangunan tangki kotoran di rumah.

1. Membuat skema pembuatan

Tahap pertama adalah membuat rancangan tangki, Anda dapat menggambarkan posisi ruang padat dan cair, letak sekat, pipa, dan alas penutup nantinya.

Ini adalah langkah yang akan memudahkan proses pembuatan. Kemudian hitunglah besaran luas, lebar, dan kedalaman tangki. Sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga dan toilet yang dipasang. Jika ukurannya kurang, septic tank bisa mudah penuh.

2. Mulai menggali sesuai rencana awal

Langkah berikutnya menggali sesuai dengan rancangan awal. Umumnya tangki dibentuk persegi panjang untuk memudahkan membagi menjadi 2 bagian.

Contohnya, kedalaman alas tangki 1,5 meter, tinggi 2 meter, lebar 1 meter, dan panjang 1,5 meter. Usahakan menambah 30 sentimeter lagi untuk dipasangkan lapisan dinding.

3. Bangunlah fondasi

Alasan kenapa harus menambahkan 30 centi saat mengukur agar ruang tangki tak berkurang saat dipasangkan bata sebagai fondasi. Bagian sisi ditutupi bata dan semen sedangkan bagian bawah usahakan tetap tanah supaya menyerap air kotoran.

4. Tambahkan sekat diantara lubang

Sesudah menggali, bagi lubang menjadi 2 sekat dengan paralon berukuran mini. Tujuannya untuk memisahkan kotoran padat dan cair. Pastikan jaraknya berdekatan dan atur sudut kemiringan agar kotoran mudah melewati sekat pemisah.

5. Lakukan pemasangan pipa

Sama halnya dengan tangki dari busi, jangan lupa pasangkan pipa pembuangan dari kloset ke septic tank dan ke pembuangan akhir.

6. Buatlah tembok alas dengan ruang ventilasi sekalian

Tangki pembuangan tanpa ventilasi berisiko meledak karena gas metana yang terperangkap di dalam. Kasus ini sering terjadi dan menyebabkan pencemaran lingkungan. Ketika menutup bagian atas, tambahkan pipa sebagai jalan keluar udara.

Cara membuat septic tank tiga ruang dengan benar

Septic tank tiga ruang adalah tipe tangki pembuangan yang memiliki tiga lubang dengan fungsi berbeda. Lubang pertama berguna untuk menampung kotoran cair, sedangkan yang kedua berguna untuk menyimpan kotoran padat. Sementara lubang ketiga digunakan untuk menyaring alias filterasi.

Pembuatan tangki tak jauh berbeda dengan yang dua ruang. Anda hanya perlu menggali satu lubang lagi untuk dijadikan tempat filterasi. Keunggulan yang ditawarkan tipe ini yaitu meminimalisir risiko penuh karena banyaknya kotoran dan air yang ditampung. Pada lubang ketiga, cairan yang di dalam bisa disalurkan ke pembuangan akhir.

FAQ

  • Berapa lama pembuatan septic tank?

Waktu pembuatan septic tank tergantung luas dan tipe tangki yang Anda pilih. Namun, biasanya membutuhkan waktu 4 hari sampai semingguan. Menurut Standar Nasional Indonesia, perencanaan dan pengerjaan tangki tidak boleh di bawah 2 hari agar sesuai dengan ketentuan.

  • Berapa kedalaman septic tank yang bagus?

Kedalaman yang ideal untuk membuat septic tank yaitu 1,5 -1,8 meter. Akan tetapi, perhitungan akan berbeda sesuai dengan luas lahan yang Anda miliki.

  • Berapa biaya untuk pembuatan septic tank?

Budget yang dibutuhkan untuk membuat septic tank tergantung material dan banyaknya pekerja. Sebagai pertimbangan, biaya pembelian material paling sedikit memerlukan dana Rp2 jutaan dan untuk pekerja mulai dari Rp1,3 jutaan. Apabila ditotal menjadi Rp3,3 jutaan.

Keyword turunan:

cara membuat septic tank dengan buis beton

cara membuat septic tank di dalam rumah

cara agar septic tank anti penuh

cara membuat septic tank yang benar

cara membuat septic tank agar tidak cepat penuh

Meta deskripsi: Cara membuat septic tank yang benar harus sesuai dengan standar agar berfungsi optimal dan aman bagi pemillik rumah. Cek informasi selengkapnya, di sinidi sini.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami